Tuesday 3 May 2016

Pengertian Alat Berat Scraper

kali ini kami akan membahas tentang Scraper, Scraper pada umumnya mempunyai kemiripan dengan Bulldozer, Scraper mempunyau 4 fungsi, yaitu :
- Mengeruk
- Memuat Material
- Mengangkut
- Membongkar Muatan
- Meratakan Permukaan Tanah

Scraper merupakan alat pengangkut yang mampu memindahkan material dalam jarak yang panjang(sekitar 2000 meter pada tanah datar) dan memiliki daya tampung 8-30 meter kubik.

Bagian-bagian Alat berat Scraper :
- Bowl
Bowl adalah bak untuk menampung muatan yang berada di antara ban belakang, bagian depan bowl memiliki ujung yang tajam yang berguna untuk mengeruk tanah sehingga datar.

- Apron
Apron adalah dinding bowl di bagian depan yang dapat di angkat dan dibuka untuk mengeruk dan membongkar muatan.

- Ejector/Tail gate
Ejector atau tail gate merupakan dinding dibelakang bowl untuk digunakan saat membongkat. Pada saat digunakan, bagian ejector akan mendorong muatan yang ada didalam bowl.


Cara Kerja
Umumnya alat berat scraper terbagai menjadi 3 tahap yaitu pengerukan/pemuatan,pengangkutan,dan pemongkaran. Pengerukan/pemuatan dilakukan disaat yang bersamaan. Apron scraper terbuka saat pengerukan, sementara bagian bowl berguna untuk mengeruk permukaan tanah yang dilewati. Hasil pengerukan ini akan tersimpan dalam bowl.
Saat bowl penuh maka apron akan tertutup lalu bagian bowl akan diangkat sedikit dan menuju tempat pembongkaran. Pembongkaran material pada scraper dilakukan dengan menyepar secara bertahap. Pada saat pembongkaran, bagian apron dibuka tutup berkali kali sampai bagain depn bowl kosong. setelah itu, bagian ejector akan mendorong sisi material yang ada di belakang bowl.


Sekian dari post kami tentang Pengertian alat berat Scraper.

PT ALMAZS PUTRA SUKSES MANDIRI ( RENTAL ALAT BERAT )

No comments:

Post a Comment